Tuesday, April 27, 2010

STAR PARTY 2010


BERBAGI PENGALAMAN


Pada tanggal 13-14 Maret 2010 Himpunan Astronomi Amatir Jakarta mengadakan acara Star Party nya yang pertama di IPB Darmaga Bogor. Acara ini diikuti oleh berbagai kalangan pecinta astronomi, mulai dari anak-anak, siswa SMA, mahasiswa, bahkan sampai orang dewasa. Salah satu anggota KIR SMAN 6 Jakarta menjadi salah satu peserta acara ini, yakni Sri Amelia.

Sebelum acara ini, terlebih dahulu diadakan seminar yang diikuti oleh peserta yang akan mengikuti kegiatan Star Party untuk perbekalan sedikit pengetahuan mengenai berbagai objek yang akan diamati atau dipelajari di acara Star Party tersebut. Seminar ini diadakan di planetarium Jakarta Pusat. Adapun seminar ini sebagai syarat dan waktu registrasi untuk mengikuti Star Party.

Pemberangkatan menuju IPB yaitu pada hari Sabtu tanggal 13 Maret pukul 16.30. Semua peserta berkumpul di Planetarium untuk berangkat bersama dengan menggunakan transportasi umum kereta api. Pada pukul 21.00 WIB rombongan tiba di tempat yang dituju dan diberi waktu beristirahat sekitar satu setengah jam sambil menunggu langit cerah. Setelah itu dilanjutkan dengan penjelasan mengenai materi kegiatan dan pembagian peta langit. Selama kegiatan ini berlangsung peserta ditugaskan untuk mengisi lembar tugas yang telah diberikan.

Acara peneropongan dimulai sekitar pukul 00.00 WIB. Peneropongan ini dilengkapi dengan peta langit dan beberapa telescope yang telah disediakan panitia. Pada kegiatan ini peserta mempelajari berbagai rasi bintang dengan menggunakan peta langit, diantaranya rasi scorpius, cruxy, centaurus, ursa mayor, ursa minor, virgo dan lain-lain. Selain itu dilakukan peneropongan terhadap planet saturnus, bintang alfa centaury, bintang vega sebagai salah satu anggota summer triangle, dan open cluster sebagai kumpulan bintang-bintang. Pada pagi harinya sekitar pukul 05.30 diadakan peneropongan terhadap bulan dan setelah satu jam kemudian dilanjutkan dengan peneropongan terhadap matahari dengan melihat sunspot matahari menggunakan telescope. Kegiatan peneropongan dilakukan sampai pagi pukul 07.00 WIB tanpa selang waktu istirahat.
Penutupan dilakukan pukul 07.30 WIB dengan adanya pembagian bagi peserta terbaik dalam menulis lembar tugas. Kemudian rombongan kembali pulang menuju Planetarium pukul 08.00 WIB.

Acara tersebut banyak memberikan pengetahuan baru di bidang astronomi. HAAJ akan mengadakan kegiatan Star Party yang kedua, ketiga, dan keempat setelahnya, namun kegiatan tersebut tidak terbuka untuk umum tetapi hanya dapat diikuti oleh pengurus dan anggota HAAJ saja.



Penulis : Sri Amelia

No comments:

Post a Comment

Welcome

Selamat Datang Di Blog Mahakam Sainsocial Club. Enjoy With KIR!
Cool Blue Outer Glow Pointer